Aksi Mahasiswa Indonesia Tayang 167 Juta Kali Di Youtube

Diperbincangkan oleh 241.973 akun twitter Indonesia menunjukkan aksi demonstrasi yang digerakkan oleh elemen mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia adalah isu terbesar sepanjang tahun 2019 - Evello

0
175
Evello Jumlah Akun Unik Twitter
Evello Jumlah Akun Unik Twitter

Diperbincangkan melibatkan lebih dari 240 ribu akun twitter menunjukkan kalau aksi demonstrasi mahasiswa Indonesia jelang akhir September 2019 sebagai isu terbesar sepanjang tahun 2019. Pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang baru saja lewat tidak pernah menarik begitu banyak pemilik akun twitter untuk ikut-ikutan menggerakkan jempolnya.

Lalu adakah isu lainnya yang melibatkan perhatian pengguna media sosial paling ribut sedunia ini selain aksi mahasiswa? Jawabannya ada! Tetapi tidak sebesar perhatian terhadap demo mahasiswa Indonesia.

Jokowi misalnya, diperbincangkan oleh 187.983 akun twitter Indonesia. Kepolisian RI juga diperbincangkan oleh 210.702 akun twitter Indonesia. Sementara DPR RI diperbincangkan oleh 82.939 akun twitter Indonesia. Sungguh besar ketiganya menarik publik Indonesia melalui akun twitter. Akan tetapi, itupun masih terkait aksi mahasiswa Indonesia.

Gambar I berikut juga memperlihatkan bahwa opini tentang TNI pada periode pantau 22-29 September 2019 juga dibentuk oleh keramaian tanggapan publik akan aksi mahasiswa. Berbeda dengan Presiden Jokowi, DPR RI dan Kepolisian RI, keramaian publik pada TNI bersentimen positif.

Gambar I. Awan Tema TNI pada saat aksi demonstrasi mahasiswa di pelbagai wilayah Indonesia.

TNI dianggap menjadi antitesa dari perlakuan represif aparat kepolisian terhadap mahasiswa. Hal tersebut tercermin dari cuitan-cuitan netizen berdasarkan pengelompokan pada Gambar I di atas.

Jumlah akun yang terlibat membicarakan TNI berdasarkan perhitungan Evello mencapai 107.405 akun twitter. TNI berada pada posisi terbanyak keempat setelah Mahasiswa, Kepolisian dan Jokowi.

Gambar II. Pujian mengalir untuk TNI saat aksi demo mahasiswa berlangsung

Selain TNI, keikutsertaan pelajar STM dalam aksi demo mahasiswa ramai menarik perhatian publik. Dalam catatan Evello, keterlibatan akun twitter membicarakan pelajar STM mencapai 74.953 akun.

Bintang Baru di Youtube

Mahasiswa menjelma menjadi bintang baru di Indonesia, terutama di dunia Youtube. Bagaimana tidak, aksi mereka telah menyedot perhatian publik demikian luas. Tercatat 623.622 komentar dilayangkan youtuber terhadap aksi mereka. Pun komentar-komentar tersebut bersentimen positif.

Gambar III. Aksi mahasiswa berhamburan komentar dari pengguna youtube Indonesia

Selain berhamburan komentar, video-video yang menampilkan aksi, baik aksi lapangan dan forum dialog media ramai menarik perhatian pengunjung. Hanya dalam hitungan hari bahkan beberapa jam, video-video tersebut ditayangkan hingga jutaan kali.

Gambar IV. Tiga video mahasiswa dengan jumlah tayang tertinggi di kanal youtube.

Jumlah video bertemakan mahasiswa yang tersebar di youtube hingga Minggu, 29 September 2019 mencapai 1.837 video. Aksi mahasiswa di youtube telah tayang sebanyak 167.320.744.

Angka ini melebihi jumlah tayang isu apapun di Indonesia pada periode pantau 22-29 September 2019. Bahkan, jika mengacu pada jumlah tayang, aksi mahasiswa Indonesia lebih popuper di youtube dibandingkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Berdasarkan pantauan Evello, Trump disaksikan sebanyak 93.815.017 dengan jumlah video sebanyak 542.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here