Nia Ramadhani dan Kabinet Jokowi

Netizen boleh saja heboh dengan rencana pembentukan kabinet Presiden Joko Widodo. Mondar-mandir calon menteri datang ke Istana mengenakan kemeja putih tak luput dari jepretan wartawan dan unggahan di media sosial. Sayangnya disaat bersamaan, Evello mendeteksi sebagian besar netizen lebih tertarik berita Nia Ramadhani dan buah salak.

0
186
Channel Youtube Dengan Konten Jokowi Periode Sepekan
Pelantikan Jokowi dan Pembentukan Kabinet menjadi topik unggahan terbanyak di kanal Youtube

“Selamat kepada Presiden @jokowi atas permulaan masa jabatan Presiden kedua kalinya di Indonesia, tetangga dekat maritim kita. Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinannya yang dinamis, persahabatan kita dan Kemitraan Strategis Komprehensif kita akan semakin dalam.” (Narendra Modi, Perdana Menteri India)

Tentu tak hanya Modi, ucapan selamat atas pelantikan Jokowi untuk periode yang kedua sebagai Presiden RI terus mengalir. Tak hanya ucapan selamat, banyak opini bertebaran di media sosial menolak pelantikan Joko Widodo dan Prof Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Intinya, media sosial kita heboh soal pelantikan Jokowi-Maruf Amin.

Selain pelantikan, pembentukan kabinet kerja Presiden Jokowi juga paling ramai menarik perhatian publik. Bahkan tagar #KabinetJokowi pada Senin (21/10/2019) memuncaki trending topik twitter Indonesia selama beberapa jam. Melalui tagar ini, netizen membahas kedatangan beberapa nama seperti Nadiem Makarim, Mahfud MD, Erick Thohir dan Wishnutama.

Hadirnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke Istana Negara pada Senin (21/10/2019) menjadi puncak kehebohan pembentukan kabinet Jokowi. Prabowo digadang-gadang menjadi Menteri Pertahanan.

“Keputusan kami dari Partai Gerindra, apabila diminta kami siap membantu. Dan hari ini resmi diminta dan kami sudah sanggupi untuk membantu,” kata Prabowo usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Di twitter, Prabowo diperbincangkan lebih dari 39 ribu akun twitter. Berita tentang Prabowo Subianto juga meningkat. Tercatat 3.392 artikel memberitakan mantan Danjen Koppassus tersebut. Kabar Prabowo sebagai menhan Joko Widodo juga menarik perhatian publik youtube. Ada 88.153 komentar dihamburkan netizen untuk Prabowo. Masih kurang heboh? evello mencatat 212.003 jempol memberikan tanda suka untuk Prabowo.

Gambar 1. Tren pemberitaan dan percakapan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pemanggilan Prabowo ke istana oleh Jokowi memuncaki perhatian publik pada Senin (21/10/2019)

Walau ramai menarik perhatian publik, netizen Indonesia ternyata tidak mudah dijejali oleh konten bernuansa politik. Sepanjang Senin (21/10/2019), evello mendeteksi berita dengan sebaran tertinggi di kanal facebook justru datang dari Nia Ramadhani.

Berita istri pengusaha Ardi Bakrie ini menempati puncak berita terbanyak dibagikan di facebook. Tak hanya ramai dibagikan, berita Nia Ramadhani tidak bisa mengupas buah salak juga menjadi berita terbanyak dikomentari pengguna media sosial terbesar di Indonesia ini.

Gambar 2. Dua berita Nia Ramadhani tidak bisa mengupas buah salak menjadi berita terbanyak dibagikan pengguna Facebook pada Senin (21/10/2019).

Dalam pantauan evello, tiga berita terbanyak dibagikan netizen Indonesia di Facebook tidak bernuansa politik. Dua berita berasal dari kabar Nia tidak tahu cara kupas salak dan satu berita mengabarkan bahaya mi instan.

Nia juga masuk dalam berita terbanyak dikomentari netizen Indonesia sepanjang Senin kemarin (21/10/2019). Disaat netizen sedang heboh membicarakan siapa saja yang akan menjadi Menteri Jokowi, Nia menempatkan dua beritanya terbanyak dikomentari netizen.

Berdasarkan ukuran berita terbanyak dibagikan dan dikomentari, tidak satu pun berita tentang pembentukan kabinet Presiden Joko Widodo masuk dalam tiga besar.

Gambar 3. Dua berita Nia Ramadhani terbanyak memperoleh komentar pengguna facebook disaat netizen lainnya ramai membericakan kabinet Jokowi

Kesimpulan

Netizen Indonesia memang unik. Disaat kontentasi Pilpres 2019 mencapai puncaknya dengan pembentukan kabinet kerja Joko Widodo – Maruf Amin, mereka justru asyik menyebarkan berita seorang wanita cantik tidak dapat mengupas buah salak. Temuan ini menunjukkan bahwa politik tidak selalu menjadi pusat perhatian publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here