Berdasarkan catatan @evellocorp, pemberitaan acara Reuni 212 pada 2-3 Desember 2019 mencapai 1.871 berita. Hasil penelusuran terhadap sebaran berita-berita di media sosial facebook pada Senin 2 Desember 2019 didominasi oleh acara Reuni 212. Media Republika menguasai tiga berita dengan sebaran paling tinggi di facebook dengan berita mengabarkan reuni 212.

Gambar 1. Media Republika menguasai tiga berita dengan persebaran tertinggi di facebook. Ketiga berita bertemakan reuni 212

Kutipan tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir dalam acara reuni 212 menempati posisi pertama berita terbanyak dibagikan facebooker. Pendapat Anies bahwa reuni 212 cerminan persatuan Indonesia menempati berita pertama dengan sebaran sebanyak 7.336 kali di facebook pada 2 Desember 2019.

Soal sampah juga masih menjadi perhatian facebooker. Berita kedua terbanyak dibagikan menceritakan peserta reuni 212 meninggalkan lokasi acara sambil memungut sampah.

Penelusuran berdasarkan jumlah komentar facebooker terhadap berita-berita yang tersebar menemukan acara reuni 212 masih dominan. Gambar 2 berikut menunjukkan 2 dari 3 berita terbanyak dikomentar pengguna facebook masih berasal dari aksi reuni 212. Dua berita tersebut memunculkan dua orang tokoh. Masing-masing Anies Baswedan dan Rizieq Shihab.

Gambar 2. Dua berita tentang reuni 212 terbanyak dikomentar pengguna facebook. Dua orang tokoh hadir dalam berita dengan komentar terbanyak.

Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara reuni 212 ternyata mengundang reaksi terbesar dibandingkan sejumlah tokoh yang menghiasi pemberitaan. Berita Republika dengan judul Anies: Reuni 212 Cerminan Persatuan Indonesia menjadi berita terbesar mengundang reaksi pengguna facebook. Sepanjang Senin 2 Desember 2019, jumlah reaksi untuk Anies mencapai angka 77.558 kali.

Gambar 3. Anies Baswedan menuai reaksi paling banyak dari pengguna facebook dibandingkan tokoh lainnya yang diberitakan berkaitan dengan acara reuni 212.

Sementara itu, berdasarkan total skor engagement dengan netizen pengguna facebook, skor Anies lebih besar dibandingkan dengan Imam Besar FPI, Rizieq Shihab. Berdasarkan Gambar 4, Anies dilirik oleh pengguna facebook 79% lebih banyak dibandingkan Rizieq Shihab.

Gambar 4. Perbandingan total skor engagement antara Anies Baswedan dan Habib Rizieq Shihab berdasarkan sebaran, komentar dan reaksi pengguna facebook terhadap berita-berita reuni 212.

Dari 10 berita dengan skor engagement tertinggi di media sosial facebook, evello mencatat hanya ada tiga tokoh yang muncul. Ketiganya berturut-turur adalah Anies Baswedan, Sobri Lubis dan Rizieq Shihab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here