Awan Gelap Isu Pembangunan Soal BPJS Kesehatan

0
151

Persoalan pembangunan tengah melonjak dalam sorotan public, tak hanya isu pembangunan pendidikan dan ketenagakerjaan saja, tapi juga pembangunan bidang kesehatan. Data dari seluruh media menempatkan 44 ribu lebih percakapan seputar kesehatan, mendapat porsi paling banyak dibanding isu lainnya.

Gambar 1. Sebaran Percakapan Publik di Media dan Media Sosial, Topik Kesehatan Mendominasi Isu Pembangunan Periode 27 Agustus 2019 – 03 Agustus 2019

Terlihat bahwa pada gambar 1 di atas, Evello menyajikan topik kesehatan menyedot nyaris 50% fokus perhatian publik. Ragam persoalan terkait bidang kesehatan keluar sebagai pemenangnya. Lalu apa yang membuat isu kesehatan ini begitu penting hingga publik menaruh perhatian lebih?

Percakapan Isu Pembangunan Kesehatan

Awal pekan September 2019 ini, dengan menyimak ragam percakapan warganet mengkritisi isu pembangunan khususnya bidang kesehatan, kita akan mengetahui bagaimana isu ini memang memiliki pengaruh kuat terhadap kesuksesan dan keberhasilan suatu pembangunan.

Publik di dunia maya, diantaranya meminta agar pemerintah lebih memperhatikan soal kesehatan dibanding rencana pemindahan ibukota, di mana dana pemindahan ibukota baru sebaiknya dialihkan untuk pembangunan bidang kesehatan. Berikut data feed result tersaji:

Gambar 2. Feed Results Isu Pembangunan Menunjukkan Kata Kunci BPJS Kesehatan

Percakapan lain menyebut bahwa jaminan social kesehatan untuk rakyat pada dasarnya adalah kewajiban negara, selain itu ada juga terkait pernyataan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo tentang rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Isu lain soal kabar Belitung raih predikat UHC karena keberhasilan menanggung BPJS kesehatan seluruh warganya. Data tersebut menyiratkan satu kata kunci mengarah pada tema bidang kesehatan, yakni BPJS Kesehatan.

Awan Gelap Itu Ternyata BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan ternyata menjadi topik penting percakapan publik hingga mencuatkan isu kesehatan dibanding pendidikan dan ketenagakerjaan. Terlihat tak hanya melonjak pada grafik results, percakapan melalui media dan media online pada feed results juga mendominasi, serta pada theme clouds (awan tema) meliputi isu pembangunan.

Warganet sebagiannya, menaruh perhatian cukup besar atas rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam usulannya menaikkan iuran kepesertaan BPJS Kesehatan, hingga pro dan kontra pun bermunculan. Sebagai gambaran, rencana Sri Mulyani ini kemudian mendapat tanggapan berupa penolakan dari Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, namun sebaliknya pihak BPJS justru memberikan dukungan atas rencana pemerintah tersebut.

Gambar 3. Awan Tema Isu Pembangunan Memuat Kesehatan dan BPJS Kesehatan

Sejalan dengan situasi ini, di mana Big Data Evello juga membuktikan bahwa awan tema kesehatan dan BPJS Kesehatan, keduanya telah diperbincangkan sebanyak 271 dan 573 kali. Besarnya intensitas angka kedua tema ini, utamanya soal rencana pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan nampak seperti awan gelap yang memayungi isu pembangunan, di mata publik.

Kesimpulan Big Data Evello

Kesehatan, pendidikan dan ketenagakerjaan muncul sebagai tema-tema penting dibalik isu pembangunan. Faktor kesehatan sendiri menempati nyaris 50% perhatian publik dibanding faktor lainnya, dan itu artinya bila persoalan pembangunan kesehatan dapat dituntaskan, setengah keberhasilan pembangunan dapat dikatakan telah berhasil baik.

Bagaimanapun, suatu pembangunan disebut sukses atau gagal tergantung faktor penentu dibelakangnya. Isu kesehatan kini harus menjadi perhatian serius pihak-pihak terkait, jika tidak, bukan tidak mungkin ruang public akan dipenuhi percakapan tentang kegagalan pembangunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here