Denny Siregar vs Permadi Arya & Guntur Romli, Siapa Terpopuler?

0
156

“Isu pemerintahan, isu politik, radikalisme, nasionalisme, khilafah, komunisme hingga separatisme, masih saja bertahan sebagai top level isu hingga kini. Para pegiat medsos, sosok dan keberadaannya telah mengambil peran penting penyemarak ragam isu itu pada ranah perhatian publik. Publik pun sempat melabeli mereka dengan istilah ‘buzzer’, ‘buzzer istana’, atau ‘apalah istilahnya’, hingga sosok para aktivis media sosial ini kian populer dan sepak terjangnya pun layak untuk diulas”.

Pemantauan Evello kali ini akan menyasar tiga nama pegiat medsos paling dekat dengan isu-isu panas tersebut di atas, targetnya adalah Guntur Romli dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Permadi Arya alias Abu Janda, serta Denny Siregar.

Gaung mereka selalu kuat di media dan media sosial, secara spesifik sebabnya didapat dari sepak terjang mereka dalam membela dan menghalau siapapun penyerang kebijakan pemerintah. Menariknya adalah, mencari tahu siapa aktivis medsos terpopuler?

Gambar 1. Grafik Sebaran Percakapan dan Pemberitaan

Berdasar grafik sebaran percakapan dan pemberitaan pada gambar 1 di atas, terlihat popularitas Guntur Romli lebih rendah dibanding Permadi Arya, dengan Denny Siregar memimpin paling atas. Denny Siregar memperoleh sebaran dengan total 16,741 percakapan sedang Permadi Arya 10,481 percakapan. Data ini menunjuk Denny Siregar keluar sebagai paling populer.

Sebelum mengulas lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui isu-isu apa saja membuat publik menaruh perhatian pada aktivitas mereka. Simak ulasan berita viral dan video terbanyak ditonton pemirsa Youtube, berikut:

Guntur Romli Kritik Anies Baswedan

Pada isu seputar Guntur Romli, popularitasnya meningkat terutama muncul dengan ulasan berita bertema politisi muda Faldo Maldini loncat ke partai PSI, dengan isu Puan Maharani dan keterwakilan perempuan di DPR RI menjadi berita paling viral di mata publik. Kritik Guntur Romli terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kian memberi efek viral tokoh ini.

Gambar 2. Ragam Berita Viral dan Video Seputar Guntur Romli

Permadi Arya vs Andre Rosiade Soal Separatisme dan Khilafah

Gambar 3. Ragam Berita Viral dan Video Seputar Permadi Arya

Sementara untuk Permadi Arya didapat lewat kabar berita kompas.com mengulas isu penelusuran jejak buzzer Indonesia yang “ditendang”. Kabar viral lain memuat tema ILC “siapa yang bermain buzzer?’, dan tak kalah ramai soal ribut-ribut Abu Janda vs Andre Rosiade bertema separatisme dan khilafah turut menghiasi ranah perhatian publik saat pemantauan sosok ini.

Lewat ragam berita viral dan video tersebut, isu seputar Guntur Romli dan Permadi Arya menempati ruang besar perhatian publik karena menyentuh isu-isu besar seperti khilafah dan separatisme, selain itu bersinggungan langsung dengan tokoh populer Anies Baswedan dan Andre Rosiade.

Denny Siregar dan Isu ‘Buzzer Istana’

Top 3 berita viral mengulas Denny Siregar bertema ‘buzzer/buzzer istana’. Publik pun tergelitik angkat bicara saat munculnya isu ‘buzzer istana’ ini hingga mendorong Denny Siregar mencuat populer. Denny juga terlihat diulas menyentuh tokoh populer lain seperti Rocky Gerung (tokoh RG ini terkenal dengan sikap kritisnya terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah), juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Ustad Tengku Zul.  

Sementara itu video Denny Siregar terbanyak ditonton mencapai 137,359 views mengulas kritik soal ‘Bela Agama vs Bela Negara’. Video lain berkontribusi mendorong popularitas Denny berisi tema kematian mahasiswa dan isu tentang Wamena.

Gambar 4. Peta Distribusi Percakapan (Data Twitter @EvelloCorp)

Meski seluruh berita viral dan video terbanyak ditonton pemirsa pada ketiga tokoh ini nampak sama alias serupa, namun pada kenyataanya ‘distribusi pengaruh kicauan akun Denny Siregar ternyata memiliki  jangkauan lebih tinggi’ dan nyaris merata di seluruh wilayah Indonesia jika dibanding akun Permadi Arya dan Guntur Romli, kondisi ini seperti diungkap akun twitter @EvelloCorp beberapa hari lalu. Apa penyebab sebenarnya Denny Siregar terpopuler, simak penjelasannya berikut ini:

Awan Tema Denny Siregar Bersentuhan Langsung Dengan Jokowi

Awan tema pada linimasa Twitter menunjukkan akun-akun unik telah terlibat dalam percakapan isu dan berkontribusi besar memberi pengaruh terhadap popularitas ketiga tokoh pegiat medsos ini. Akun GunRomli misalnya terpantau bersinggungan langsung dengan akun aniesbaswedan, akun lain terlihat muncul dan membayangi seperti psi_id, TsamaraDKI, AntoniRaja juga grace_nat. Dapat disimpulkan bahwa lingkup dan skala percakapan seputar Guntur Romli berkutat pada isu- isu seputar partainya.

Gambar 5. Denny Siregar Dilingkupi Awan Tema Jokowi

Sementara pada akun permadiaktivis terlihat berawan tema andre_rosiade. Permadi Arya mendapat suntikan popularitas atas kritiknya ke Gerindra soal separatisme dan khilafah, tantangan itu direspon Andre Rosiade. Awan tema lain muncul lewat akun hanumrais dan wiranto1947 dalam isu penusukan Wiranto, juga Div Humas Polri dan Puspen TNI. Keterlibatan seluruh akun pada awan tema Permadi Arya cukup berkontribusi besar mendongkrak popularitasnya lebih tinggi dibanding Guntur Romli, namun kalah dibanding Denny Siregar.

Pada akun dennysiregar7 seperti terlihat melalui gambar 5 di atas, akun Denny ternyata bersentuhan langsung dengan awan tema jokowi, prabowo dan rockygerung. Dapat diperjelas bahwa seluruh akun unik dalam skala besar perbincangan isu Jokowi, Prabowo, dan Rocky Gerung juga tertarik memperbincangkan isu Denny Siregar di twitter, kondisi inilah yang menjadi kunci pendorong popularitas Denny Siregar lebih tinggi dibanding Guntur Romli dan Permadi Arya. Selain itu video-video seputar Denny Siregar juga mendapat jumlah suka dan komentar sangat tinggi dengan tema Rocky Gerung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here