Wacana Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) membuat rancangan Qanun Hukum Keluarga yang salah satu babnya membahas poligami ternyata tidak menjadi isu penting di masyarakat.

Dengan kata kunci “Poligami”, data evello menunjukkan pada periode 1-18 Juli 2019 Poligami hanya diberitakan sebanyak 361 kali berita. Sementara, tema pendidikan pada periode yang sama diberitakan sebanyak 16.100 berita.

Walaupun tidak sebanyak tema pendidikan, tema pekerjaan diberitakan sebanyak 7.389 kali berita.

Share Index tema poligami dalam pemberitaan mencapai 1.5% jika dibandingkan dengan tema Pendidikan dan Pekerjaan. Data Periode 1-18 Juli 2019.

Jika ketiga isu dibandingkan dalam perolehan berita pada periode 1-18 Juli 2019, prosentase isu poligami hanya mencapai 1.5%. Porsi berita pendidikan dominan hingga 67%.

Berita-berita berkaitan dengan pendidikan juga memiliki nilai populer/viral di masyarakat. Melalui fasilitas Virality, Evello menemukan bahwa berita pendidikan terbanyak dibagikan melalui media sosial sebesar 101.491 shared.

Tema pekerjaan dibagikan oleh pengguna media sosial mencapai 54.086 Shared. Sementara isu poligami dibagikan sebanyak 2.021 shared.

Popularitas tema berita berdasarkan jumlah sebaran berita di kanal Facebook periode 1-18 Juli 2019.

Berdasarkan sebaran sebanyak 1,2% dibandingkan tema pendidikan dan pekerjaan, tim peneliti evello menyimpulkan bahwa isu pendidikan lebih menarik masyarakat.

Kisah guru honorer dan wacana penghapusan pendidikan agama di sekolah menjadi isu yang dominan dibagikan masyarakat di kanal media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here