Nunung menambah panjang daftar para pemain grup lawak, Srimulat yang terjerat kasus narkoba. Tercatat empat anggota Srimulat sudah lebih dulu tertangkap atas kasus narkoba.

Seperti diketahui, Nunung ditangkap di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat siang, 19 Juli kemarin. Nunung tak bisa berkelit saat polisi menggeledah dan menemukan barang bukti sabu-sabu seberat 0,36 gram di dalam kamar Nunung.

Selain Nunung, polisi juga menangkap suami Nunung, July Jan Sambiran dan seorang kurir narkoba Hadi Moherianto alias Heri. Kepada polisi, Nunung mengaku baru membeli satu paket sabu seberat dua gram. Namun, barang bukti tersebut sempat dia buang ke toilet saat polisi menggerebek rumahnya.

Penangkapan Nunung membuat reaksi netizen Indonesia seperti terekam dalam sistem Evello meningkat. Narkoba menjadi isu dengan sebaran tertinggi dibadingkan tema lainnya seperti begal atau pembunuhan.

Percakapan bertema Narkoba bisa dikatakan merata di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua dan Kalimantan. Di Medan, isu Begal masih menjadi perhatian utama dibandingkan isu Narkoba.

Sebaran percakapan netizen Indonesia berdasarkan tema kriminal pasca penangkapan terhadap komedian Nunung

Kasus begal sebelumnya ramai menjadi perhatian masyarakat setelah Tim Pegasus Polsek Medan Timur akhirnya berhasil meringkus komplotan begal sadis dengan cara menyamar menjadi emak-emak.

Sementara itu, berdasarkan data Evello, kasus pembunuhan ramai menjadi perbincangan netizen pada 18 Juli 2019. Hal ini dipicu oleh gugatan empat pengamen atas kasus pembunuhan Dicky Maulana (20) di kolong jembatan samping Kali Cipulir, Jakarta Selatan, pada 2013.

Dalam gugatan praperadilan, mereka meminta kepada PN Jaksel memerintahkan Polda Metro Jaya, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, dan Kementerian Keuangan untuk mengaku bersalah dan memberikan ganti rugi secara material dan imateriil.

Begal dan Narkoba menjadi isu terbanyak diperbincangkan netizen Indonesia pada periode 13-20 Juli 2019.

Jika diperhatikan pada gambar di atas, jika tidak ada isu begal dan penangkapan terhadap komedian Nunung, maka isu Narkoba adalah isu yang konsisten ramai diperbincangkan netizen.

Pada periode pantauan yang sama, pemberitaan dengan tema narkoba menguasai jumlah berita hingga 37,7% lebih banyak dibandingkan dengan tema kriminalitas lainnya.

Berturut-turut kasus Begal, Pembunuhan dan Penipuan menjadi materi berita terbanyak diluar berita tentang narkoba.

Share Index jumlah berita isu-isu kriminal pada periode pantau 13-20 Juli 2019. Isu Narkoba menjadi topik terbanyak diberitakan dibandingkan isu kriminalitas lainnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here