Riset Evello: Bisnis Video Call Sex Meningkat Saat Pemberlakuan PSBB

Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menemukan momennya bagi bisnis video call sex (VCS). Harga makin kompetitif, pilihan makin beragam, ekstra bonus dan aman bagi para pelakunya membuat layanan ini meningkat drastis. Hasil penelitian evello menunjukkan selama pemberlakuan PSBB urusan seks di internet meningkat.

0
283
Keramaian Percakapan PSBB DKI Jakarta
Keramaian Percakapan PSBB DKI Jakarta

Ada tiga kata kunci yang digunakan oleh evello untuk melakukan pencarian di media sosial twitter terkait jajaan seks online. Ketiganya adalah Open BO, Open VCS dan VCS. Apa artinya? Open BO adalah singkatan dari Open Booking Order. Istilah ini dipakai jika seseorang menjajakan diri memberikan layanan seks bagi pelanggannya. Open BO terjadi jika terjadi kesepakatan harga dan pada akhirnya penjaja dan pengguna layanan bertemu secara privat.

Open VCS berarti Open Video Call Sex. Istilah ini dipakai jika seseorang memberikan layanan seks melalui video. Layanan ini tidak mengharuskan penjaja dan pengguna layanan bertemu secara fisik. Penggunanya melakukan seks secara mandiri dipandu oleh video dan desahan erotis dari penjaja seks online.

Sementara itu, VCS pada dasarnya sama dengan Open VCS. Hanya saja VCS kerap digunakan oleh pengguna media sosial twitter dalam percakapan. Untuk selanjutnya, VCS dan Open VCS akan digunakan dalam satu bahasa Open VCS sebagai pembandingan dengan Open BO.

Sebelum merebak wabah virus corona, layanan seks online jenis Open BO lebih ramai mendominasi dibandingkan Open VCS. Ditengarai seks langsung bertemu secara fisik tentu lebih disukai dibandingkan seks melalui layanan video. Pun demikian, penelusuran evello menemukan bahwa penjaja seks jenis Open BO mulai merangkap berjualan seks jenis Open VCS. Artinya tren Open VCS mulai meningkat. Baik karena kemudahan dan harganya yang murah.

Pemantauan Evello pada periode Agustus 2019 – Januari 2020 menemukan bahwa percakapan bertema Open BO lebih banyak dibandingkan Open VCS sebesar 59,33%. Tawaran untuk mengisi slot Open BO setiap harinya selama periode pemantauan juga lebih tinggi dibandingkan pada Open VCS.

Tren Open VCS Meningkat

Pemantauan evello pada periode 11-17 April 2020 percakapan bertema Open VCS dominan sebesar 1244% dibandingkan percakapan bertemakan Open BO. Data ini sekaligus mengkonformasi bahwa pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat tawaran Open VCS meningkat.

Pada pemantauan 11-17 April 2020 pembicaraan bertema Open BO mencapai angka 6.300 tweet. Sementara, percakapan bertema Open VCS mencapai angka 78.405 tweet. Perlu diketahui, pemantauan evello belum pernah menemukan keramaian hingga 78 ribu tweet untuk tema Open VCS sebelumnya.

Selain makin ramai, evello juga menemukan bahwa tawaran dan keramaian percakapan bertema Open VCS mulai ramai diperbincangkan pada sore hari. Keramaian terjadi pada pukul 15.00 – 17.00 WIB. Sementara percakapan pada malam hari, terutama di atas pukul 10 malam cenderung sepi. Puncak keramaian percakapan Open VCS terjadi antara pukul 15.00-16.00 pada Senin 13 April 2020 dengan jumlah percakapan mencapai 1.213 tweet.

Open BO Masih Ramai

Walaupun menurun, bukan berarti tawaran untuk melakukan seks langsung alias Open BO  selama pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta tidak ada sama sekali. 6300 tweet selama periode 11-17 April menunjukkan bahwa tawaran untuk bertemu langsung tetap terjadi. Bahkan tawaran Open BO tetap dilakukan dengan mengundang pelanggannya untuk datang ke apartemen.

Selain itu, evello juga menemukan adanya perluasan jenis penawaran pada kategori Open BO. Saat sebelum pemberlakuan PSBB, Open BO didominasi oleh wanita, maka pada pantauan kali ini tawaran dari kaum waria dan gay terlihat meningkat.

Jika pada kelompok waria tawaran dan layanan Open BO dilakukan lebih terbuka, maka pada kelompok gay tawaran Open BO kebanyakan berbalut pada layanan pijat dewasa. Selain itu, beberapa kicauan bahkan dengan terang-terangan menyebutkan bahwa mereka butuh uang sehingga secara sukarela memberikan penawaran Open BO.

Kesimpulan

  1. Mewabahnya pandemi virus corona dan pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta merubah tren penawaran dan penggunaan seks online Open BO ke Open VCS. Tawaran seks berbasis video ternyata lebih banyak 1244% jika dibandingkan tawaran Open BO.
  2. Pemberlakuan PSBB tidak membuat layanan Open BO terhenti sama sekali. Tawaran tetap terjadi dan bahkan penjaja Open BO tetap mengundang pelanggannya untuk datang ke apartemen tempat tinggalnya setelah terjadi kesepakatan.
  3. Terjadi peningkatan percakapan layanan Open BO untuk kelompok waria dan gay selama periode pantauan 11-17 April 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here