Tren Pergeseran Isu Ninoy Karundeng ke Arah PA 212

0
238

“Gelembung awan tema menampilkan frasa PA 212 kian membesar, sementara akun-akun unik pendukung Ninoy Karundeng dan PA 212 masih terlibat saling serang. Seluruhnya, menjuruskan tren percakapan publik tentang isu penganiayaan Ninoy Karundeng ke arah PA 212”

Pemantauan Evello kali ini akan mengulas isu tindak kriminal, di mana tren penganiayaan melibatkan Ninoy Karundeng dan PA 212 melonjak pada linimasa twitter. Sebaran tinggi berita-berita bertema narkoba dan pembunuhan, ternyata tak menyurutkan percakapan publik tentang kasus penganiayaan ini tetap mencuat ke permukaan. Mengapa animo perhatian publik demikian tinggi?

Gambar 1. Indeks Percakapan Tren Tindak Kriminal

Data sebaran percakapan public pada gambar 1, terdeteksi sebanyak 7.777 akun unik terlibat memperbincangkan tema penganiayaan, sementara popularitas narkoba dan pembunuhan hanya berada di peringkat kedua dan ketiga. Data ini membuktikan adanya ketertarikan sangat besar oleh warganet pada isu penganiayaan terhadap Ninoy Karundeng.

Porsi besar popularitas isu ini di twitter terbilang unik mengingat tema narkoba dan pembunuhan mendapat tempat tertinggi porsi pemberitaan di media online. Perhatikan bahwa isu narkoba dan pembunuhan berada pada angka seribu lebih diberitakan dibanding isu penganiayaan dengan hanya mendapat 660 berita.

 Berita Viral Narkoba dan Pembunuhan

Gambar 2. Ragam Berita Viral Seputar Narkoba dan Pembunuhan

Pada isu pembunuhan, tren tindak kriminal meningkat terutama muncul dengan ulasan bertema kerusuhan Wamena. Publik paling menyoroti dampak kerusuhan Wamena soal rusaknya fasilitas umum, korban jiwa, hingga kabar eksodus warga pendatang, dengan isu kondisi di pengungsian paling memberi efek viral.  

Sementara untuk tema narkoba didapat dari ulasan berita tentang penggerebekan narkoba 1 kg sabu disebuah hotel di Banjarmasin yang melibatkan napi lapas. Kabar lain memuat seorang perempuan asal Indonesia tertangkap di bandara Filipina bawa narkoba 14 miliar menjadi penyumbang berita viral pada target narkoba.

Ragam berita viral tersebut membuktikan bahwa isu pembunuhan dan narkoba memang mendapat ruang besar perhatian publik di media online, namun demikian tidak signifikan dalam perhatian dan percakapan warganet di twitter, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 3. Unique Account vs Engagement Penganiayaan

Besaran isu penganiayaan juga diperkuat dengan tingginya sebaran percakapan publik terkait kasus Ninoy Karundeng di wilayah kota-kota besar. Isu Ninoy Karundeng bagaimanapun telah tersorot dalam skala nasional, apalagi dengan ditambah munculnya isu PA 212 pada rangkaian kronologis peristiwanya, kian menarik diperbincangkan.

Berkaitan besarnya distribusi percakapan isu Ninoy ini, dapat dikatakan bahwa dominasi perhatian publik terhadap isu penganiayaan dan kematian Mahasiswa dalam aksi demo DPR, isu Pawai Mujahid 212 beberapa waktu lalu, perlahan tumbang.

Tren isunya pun terlihat bergeser, dari percakapan panas tentang Ninoy Karundeng menjadi mengerucut ke arah PA 212 dalam grafik pemantauan. Seperti apa pergeserannya dan mengapa isu penganiayaan ini menarik perhatian warga twitter? Simak hasil analisa Evello berikut ini:

Percakapan Publik Mengarah ke PA 212

Percakapan kasus penganiayaan terhadap Ninoy ini paling menarik di mata publik terutama karena ‘pentolan PA 212’ dikabarkan telah menjadi tersangka. Perhatian publik sontak tertuju pada isu penangkapan Sekjen PA 212 sebagai tersangka penganiaya Ninoy Karundeng.

Gambar 4. Berita Viral dan Video Terbanyak Ditonton Memuat PA 212

Perhatikan bahwa pada tanggal 8, berita tentang penetapan tersangka Sekjen PA 212 sebagai penganiaya Ninoy disebar sebanyak 728 kali, lebih banyak dibanding kabar memuat kronologis penganiayaan Ninoy dengan 140 dibagikan. Demikian video terbanyak ditonton pemirsa juga terlihat mengulas Sekjen PA 212 dibanding video tentang Ninoy. Pergeseran isu mulai mengarah ke PA  212.

Gambar 5. Awan Tema Ninoy Karundeng dan PA 212

Tren pergesarannya dapat terpantau lebih jelas melalui gelembung awan tema dan percakapan akun-akun unik. Awan tema memunculkan frasa PA 212 mulai menyelimuti percakapan tentang Ninoy dan mendominasi isu, sementara akun-akun pendukung Ninoy Karundeng dan PA 212 masih terlibat saling serang. Seluruhnya, telah membuktikan bahwa tren isu Ninoy Karundeng kini mengarah ke PA 212.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here