Amien Rais dan Pengaruhnya di Instagram: Perspektif Big Data

Sejak remaja, saya sdh mengikuti pemikiran-pemikiran, sikap, gerak, dan langkah ayahnda Bapak Amien Rais. Sayang, beliau sering disalahpahami banyak orang, di media sosial banyak komentar-komentar sarkastis, dan umat Muhammadiyah sangat sedikit sekali yg membelanya. ~ M. Heru Purnomo (Netizen)

0
508
Tiga Berita Amien Rais Terbanyak Menuai Komentar Pengguna Facebook pada Maret 2020 (Berdasarkan Penelusuran Virality Effect Evello)
Tiga Berita Amien Rais Terbanyak Menuai Komentar Pengguna Facebook pada Maret 2020 (Berdasarkan Penelusuran Virality Effect Evello)

Tak lagi muda, tokoh reformasi dan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Mohammad Amien Rais aktif di media sosial milik kaum milienial, Instagram. Dikenal publik dengan nama Amien Rais, akun instagramnya beralamat di @amienraisofficial.

Kata mereka yang aktif di instagram, akun milik Amien Rais terbilang “sombong”. Maklum akun tersebut berpengikut 203.284 follower dan tak satupun mengikuti akun instagram lain alias no following. Hingga artikel ini ditulis, jumlah unggahan Amien Rais di instagram mencapai 199 post.

Meski baru mengunggah 199 post, algoritma Big Data Evello berkata lain. Rata-rata jumlah komentar untuk setiap unggahan di akun @amienraisofficial mencapai 31 komentar. Sementara jumlah likes rata-rata mencapai 1.331 likes.

Metrik yang dicapai akun @amienraisofficial terbilang fenomenal jika dibandingkan dengan akun milik Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Rata-rata jumlah likes akun @zul.hasan memang mencapai 1.748 likes. Meski lebih besar dibandingkan akun Amien Rais,  dibutuhkan jumlah unggahan 2.219 post bagi akun Zulkifli Hasan untuk mencapai jumlah rata-rata likes 1.748 dan rata-rata 31 komentar per unggahan.

199 post dalam akun @amienraisofficial berdasarkan data evello menuai total komentar fantastis sebanyak 32.605 percakapan. Jumlah likes dari 199 post tercatat mencapai 1.542.488 likes.

Selain itu, penelusuran big data evello juga menemukan 6 hastag terbanyak yang digunakan dalam akun @amienraisofficial. Keenam hashtag tersebut adalah #amienrais, #bapakreformasi, #tanyaamienrais, #happyramadhan, #perjuanganamienrais dan #amienraismuda. Dari enam hastag paling banyak digunakan, unggahan bertema politik terutama yang berkaitan dengan PAN tidak mendapat porsi besar dalam akun @amienraisofficial.

Evello juga menemukan unggahan dengan tema atau hastag #AmienRais tercatat mencapai 11.522 post. Adalah akun @ulama.nusantara dengan jumlah pengikut 521.738 follower menjadi influencer paling berpengaruh bagi Amien Rais. Unggahan humor akun tersebut membandingkan jumlah buku yang dibaca Amien Rais dan Gus Dur disukai hingga 10.968 likes.

Bukan Amien Rais namanya jika kiprah politiknya tidak mendatangkan perlawanan alias perundungan. Sejumlah hastag berdasarkan penelusuran Evello ditujukan untuk merundung Amien Rais. Hashtag terbesar yang digunakan untuk menyerang Amien Rais berturut-turut adalah #AmienRaisProvokator, #AmienRaisSengkuni, #AmienRaisTukangNgibul, #AmienRaisKakekHalu dan #AmienRaisTuaTuaKeladi.

Penutup

Sejumlah metrik yang berhasil ditemukan oleh Evello di Instagram menunjukkan bahwa pendiri PAN, Amien Rais masih memiliki magnet yang kuat. Jika dibandingkan dengan akun resmi DPP PAN, @amanatnasional dengan unggahan 2.050 post, jumlah rata-rata suka antara Amien Rais dan PAN adalah 1.331 berbanding 183.

Sementara itu, perbandingan rata-rata jumlah komentar akun Amien Rais dan DPP PAN adalah 31 berbanding 3 komentar untuk setiap unggahan.

Hasil analisa big data ini juga sekaligus menunjukkan bahwa konten non politik Amien Rais cukup ramai mengundang keramaian pengguna instagram. Jumlah post sebanyak 199 dengan konten minim politik menjadi daya tarik Amien Rais bagi pengguna Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here