Panasnya Politik Amerika: 3,38 Juta Komentar Untuk Satu Berita Trump

I'm not really surprised. He often says things without thinking first. That being said, If you think what he said is legitimate, you should try it. You never know. ­čśü (Seth Evert Whittemore - Netizen Amerika Serikat)

0
399
Facebook Engagement Artikel Trump di CBS News
Facebook Engagement Artikel Trump di CBS News

Jelang berbuka, seorang teman mengirimkan tautan di facebook page media daring nbcnews.com. Ia mengirimkan artikel berita lama tentang Donald Trump. Tepatnya berita yang terbit pada hari selasa tanggal 24 April 2020.

Kawan itu membuka percakapan setelah mengirimkan tautannya. “Bro lihat deh, berita ini viral sekali. Di facebook nbcnews berita tentang trump ini dibagikan lebih dari 69 ribu kali, dikomentari sebanyak 7,5 ribu percakapan dan 14 ribu emoticon mewakili reaksi pembaca” katanya.

Kawan ini juga dengan semangatnya bercerita isi dari berita tersebut. Menurutnya, berita berjudul Trump Suggests ‘Injection’ of Disinfectant To Beat Coronavirus and ‘Clean’ The Lungs menunjukkan betapa Trump adalah presiden asal┬ánjeplak.┬á

Bahkan kawan saya ini mengomentari bagaimana kerasnya komentar warga Amerika Serikat menanggapi pernyataan Donald Trump. Katanya, banyak warga Amerika menganggap bahwa berita tersebut merupakan kebohongan dan misinformasi. Ia juga menyampaikan bagaimana marahnya warga Amerika karena saran Trump ini berbahaya dan bisa berujung pada kematian.

Sebelum Ia bercerita jauh, Saya menyempatkan bertanya padanya. Darimana Ia yakin bahwa berita tersebut viral? Kawan saya ini berkilah bahwa dengan dibagikan sebanyak 69 ribu kali dan mengundang lebih dari 14 ribu percakapan, sudah pasti viral katanya.

Saya pun mengomentari pandangannya. “Bro menurut saya nilainya bisa jauh lebih tinggi lho daripada yang bisa dilihat melalui facebook NBC News. Pasti banyak akun facebook page, akun pribadi dan juga percakapan di group-group facebook yang ikut menyebarkan, mengomentari dan memberikan reaksinya terhadap berita tersebut” ucap saya mencoba meyakinkan.

“Susah Bro, gimana caranya untuk tahu” kata kawan saya pesimis. Ya, Ia tidak yakin, bagaimana caranya mengumpulkan semua tautan yang tersebar di facebook untuk mengetahui seberapa viral berita tersebut.

“Kamu kuno… kudet kataku…untuk mengetahui sebarapa viral sebuah berita atau url bisa pakai fasilitas Virality Check Fact punya Evello” kata saya. “Cukup masukkan alamat url dimaksud, tidak sampai 2 detik evello akan menunjukkan nilai sebaran, komentar dan reaksi pengguna facebook”.

Kawan saya ini memang kudet. Ia masih saja berkilah bahwa berita yang dimaksud adalah media asing. Bukan berita lokal Indonesia.

Tak ada jalan lain, selain membuktikan kepada kawan saya itu. Melalui aplikasi pertemuan jarak jauh, saya membuka evello dan menunjukkan fitur yang dimaksud. Setelah menyalin alamat url dari NBC News pada kolom pencarian Virality Check Fact, dan huft… tidak sampai 2 detik evello sudah menyajikan berapa jumlah sebaran, komentar, reaksi dan engagement total dari berita tersebut.

Virality Check Fact Berita Donald Trump di CBN News
Virality Check Fact Berita Donald Trump di NBC News

“Uedan… secepat ini” ujar kawan saya setengah berteriak. “Asik dong kita bisa memantau siapapun di belahan dunia manapun dan apa isunya yang paling menarik” cerocosnya setengah berceramah.

Karena kudet, sayapun menyampaikan jika artikel Trump Suggests ‘Injection’ of Disinfectant To Beat Coronavirus and ‘Clean’ The Lungs”┬ámemang unik. Rata-rata artikel berita yang dipantau jumlah reaksinya lebih besar dari jumlah komentar. Facebooker terbilang malas untuk menuliskan komentar.

Sementara pada artikel ini, jumlah komentar lebih banyak dibandingkan jumlah reaksi. Ini artinya, pembaca berita merasa perlu bersusah payah untuk menuliskan komentar dibandingkan sekedar menyampaikan ekspresinya melalui emoticon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here