Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus adalah momen spesial bangsa Indonesia. Sayangnya, saat bangsa Indonesia bersukacita, tragedi protes atas perlakukan tidak adil mengguncang masyarakat Papua. Analisa evello perlihatkan bahwa sebaran protes ini terbilang tidak kecil.

Sebagai momen spesial bangsa, perayaan HUT RI ke-74 tentu ramai menjadi topik berita. Evello mencatat jumlahnya mencapai lebih dari 17 ribu berita. Pun demikian, berita protes masyarakat Papua terbilang tidak kecil. Prosentasenya mencapai 35% atau setara dengan 9 ribu berita berbanding berita perayaan HUT RI ke-74.

10 berita terbanyak tentang protes masyarakat Papua juga memiliki sebaran lebih tinggi di media sosial dibandingkan berita perayaan HUT RI ke-74. Data ini perlihatkan animo masyarakat tentang protes masyarakat Papua setara perayaan kemerdekaan RI.

Perbandingan sebaran seluruh berita kedua isu menunjukkan tren yang sama. Baik pergolakan di Papua dan HUT RI sangat tinggi. Pun demikian, isu Papua nampaknya membuat masyarakat Indonesia terperangah. Saling berbagi spontan menunjukkan isu tersebut viral. Data pada gambar memperlihatkan animo “kaget” masyarakat ditujukan pada pergolakan di Papua dibandingkan HUT RI.

Lalu bagaimana dengan sebaran unggahan di media sosial? Evello akan membahasnya berdasarkan media sosial terbesar di Indonesia, saudara tua Twitter yang hingga saat ini masih dipakai hingga ke kampung-kampung.

Kedua topik, baik HUT RI ke-74 dan protes masyarakat Papua tersebar lebih dari 1 juta kali hingga 23/8/2019 pukul 11:23 WIB. Ada 1.198.444 kali tombol shared diketuk oleh warganet berisikan isu Papua. Jika rata-rata pertemanan di media sosial mencapai 500, maka jumlah sebaran berpotensi dilihat sebanyak 1.198.444 dikalikan 500. Jumlah yang sangat besar bukan?

Protes masyarakat Papua pun banjir komentar warganet melalui media sosial. Jumlahnya mencapai 38% dari komentar seluruh warganet Indonesia saat perayaan HUT RI ke-74.

Jumlah reaksi yang diberikan warganet terhadap protes masyarakat Papua juga terbilang besar. Jumlahnya lebih dari 1,3 juta kali.

Jika seluruh metrik reaksi publik melalui kenal media sosial ini dibandingkan, maka terlihat protes keras masyarakat Papua adalah isu yang benar2 membutuhkan perhatian serius. Jumlah engagement (reaksi dll) mencapai angka 3 juta.

Dalam periode pantauan yang sama, evello juga mencatat gejolak di tanah Papua memiliki reaksi yang lebih tinggi dibandingkan isu-isu lainnya seperti Pendidikan, Kesehatan dan Pekerjaan.

Berdasarkan data yang telah disajikan, apa yang disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe agar tidak menyederhanakan masalah Papua menjadi benar adanya. Seluruh metrik yang dipantau melalui analisa evello mendukung pernyatan Lukas Enembe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here