Seberapa Viral Ucapan Faisal Basri: Luhut Lebih Bahaya Dari Covid19?

Ucapan ini tidak main-main. Berasal dari seorang ekonom senior Faisal Basri dan ditujukan kepada salah satu pejabat tinggi negeri +62. Ucapan di twitter itu pendek, bertuliskan "Luhut Panjaitan lebih berbahaya dari coronavirus COVID-19". Ucapan ini pun ramai diangkat oleh media.

0
490
Tanggapan Pengguna Facebook Atas Kicauan Faisal Basri
Tanggapan Pengguna Facebook Atas Kicauan Faisal Basri

Saat artikel ini ditulis, ucapan pendek Faisal Basri melalui akun @FaisalBasri telah diretweet lebih dari 21 ribu kali dan disukai lebih dari 43 ribu. Pada Jumat, 3 April 2020 nama Faisal Basri pun sempat menjadi trending topic twitter Indonesia. Tak lain dan tak bukan gegara cuitan berikut.

Cuitan ini pun ramai menjadi berita media. Sejumlah media daring seperti Detik, Kontan, Kumparan, Kompas, Viva dan WartaEkonomi mengangkat cuitan Faisal Basri sebagai berita. Berita-berita ini pun ramai bergulir dari satu pesan Whatsapp ke pesan Whatsapp lainnya. Bahkan bergulir dari media sosial ke media sosial lainnya. Dipercakapkan dalam kelompok diskusi medsos serta mendulang dukungan dan juga hujatan.

Salah satu media yang menjadi perhatian evello adalah kumparan.com. Melalui artikel berjudul “Faisal Basri: Luhut Pandjaitan Lebih Berbahaya dari Coronavirus COVID-19” dan terbit pada 3 April 2020 19:49 WIB, artikel ini menjadi berita paling laris di Facebook.

Berdasarkan penelusuran Evello, artikel kumparan menjadi berita dengan sebaran tertinggi di Facebook dibandingkan media lainnya. Hingga tulisan ini dibuat, artikel tersebut telah dibagikan 6.369 kali dengan komentar mencapai 9.928 percakapan. Jumlah reaksi yang diberikan oleh pengguna facebook juga tertinggi. Mencapai angka lebih dari 54 ribu emoticon.

Jumlah Share dan Komentar Artikel Kumpuran
Gambar 1. Jumlah Sebaran dan Komentar Artikel di Facebook Page Kumparan

Di facebook page milik kumparan, artikel ini telah dikomentari lebih dari seribu percakapan dan dibagikan sebanyak 4 ribu kali.

Selain kumparan, evello juga mencatat media Viva memiliki jumlah sebaran tertinggi kedua di kanal facebook. Hingga berita ini dimuat, Viva.co.id menjadi media pertama dengan jumlah reaksi pengguna facebook tertinggi pada Sabtu 4 April 2020 pukul 13:00 WIB.

Gambar 2. Faisal Basri Masih Menjadi Perhatian Utama Pengguna Facebook
Gambar 2. Faisal Basri Masih Menjadi Perhatian Utama Pengguna Facebook

Kesimpulan

  1. Pernyataan Faisal Basri yang dimuat sejumlah media tentang Luhut Pandjaitan bisa dikatakan cukup viral di jejaring media sosial terbesar di Indonesia, Facebook.
  2. Artikel kumparan menjadi berita paling banyak dibagikan dan dikomentari oleh pengguna facebook dibandingkan media lainnya.
  3. Pada periode pantau yang sama, berita Faisal Basri lebih banyak dibagikan oleh pengguna facebook Indonesia jika dibandingkan tokoh lainnya seperti Rizal Ramli dan Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here