23 Ribu Akun Twitter Berbincang BPJS, Sebagian Besar Marah-Marah

Mau tahu tema layanan pemerintah yang paling stabil diperbincangkan netizen? Jawabannya adalah BPJS. Tema ini tak pernah surut menjadi perhatian publik di media sosial. Pun tak surut karena munculnya isu baru seperti banjir, virus corona atau bahkan pemulangan WNI eks ISIS.

0
235
Influencer Percakapan BPJS
Influencer Percakapan BPJS

Berdasarkan data aplikasi evello periode 1-19 Februari 2020, kata kunci BPJS diperbincangkan sebesar 38.081 kicauan. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Januari 2020, percakapan bertema BPJS pada Februari 2020 cenderung turun. Pada periode Januari 2020, BPJS dipercakapkan sebanyak 54.184 kicauan.

Sementara itu, jumlah akun yang terlibat dalam perbincangan tentang BPJS pada Februari 2020 mencapai 23.089 akun twitter. Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan jumlah akun twitter yang terlibat membicarakan BPJS pada periode Januari 2020. Jumlahnya pada Januari 2020 mencapai 33.582 akun twitter.

Pada pantauan periode Februari 2020, terdapat dua akun sebagai pusat keramaian percakapan. Kedua akun tersebut adalah @ustadtengkuzul dan @zarazettirazr. Dari pemantauan terhadap kedua akun tersebut, sebagian besar percakapan netizen bersentimen negatif.

Percakapan Bertema BPJS
Gambar 1. Percakapan Bertema BPJS

Kedua akun tersebut, baik @ustadtengkuzul dan @zarazettirazr menjadi pusat keramaian percakapan BPJS dengan sentimen negatif. Sementara, jika diperhatikan pada gambar 2 dibawah, tidak satupun akun yang bertugas melakukan kampanye layanan BPJS memiliki pengaruh opini yang kuat. Hanya ada satu akun berpengaruh yang dianggap mendukung opini positif BPJS. Itupun merupakan akun milik BPJS Kesehatan RI, @BPJSKesehatanRI.

Akun-akun Berpengaruh Pembentuk Opini BPJS
Gambar 2. Akun-akun Berpengaruh Pembentuk Opini BPJS

Kesimpulan

  1. Jika dilakukan pembandingan data periode Januari dan Februari 2020, percakapan BPJS adalah salah satu isu paling stabil diperbincangkan netizen. Penurunan terhadap percakapan BPJS pada februari 2020 dibandingkan periode Januari 2020 tidak signifikan.
  2. Kampanye digital BPJS dengan melibatkan sejumlah akun seperti terlihat pada gambar cover artikel ini tidak terlihat membentuk opini yang kuat. Justru evello mencatat dua akun, @ustadtengkuzul dan @zarazettirazr memiliki pengaruh yang kuat dalam percakapan tentang BPJS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here