Namanya Muhammad Rafdi Marajabessy, putra ketiga Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Muhammad Sinen. Namanya tetiba menjadi trending news tertinggi melalui aplikasi Big Data Evello pada Rabu, 10 Juli 2019. Trending News adalah salah satu fitur pada Evello untuk melihat berita apakah yang menjadi trending di masyarakat dengan menilai sebaran berita tersebut di Media Sosial. Makin tinggi sebarannya di Media Sosial, Evello menyebutnya sebagai trending atau viral.

Berdasarkan catatan Evello melalui pencarian di menu Virality Effect, nama Rafdi mulai disebut-sebut dalam pemberitaan. Adalah media Tribunnews.com mengangkat kisah Rafdi melalui berita berjudul: Foto Anak Walikota Jadi Kuli Bangungan Viral, Sang Ayah Akui Itu Putranya : Hidup Harus Kerja Keras pada Minggu, 7 Juli 2019.

Berita Rafdi melalui Tribunnews Bogor tersebut tercatat telah disebar di jejaring Media Sosial sebanyak 1.980 kali sebaran. Dalam pengamatan Evello, tidak mudah untuk seseorang jika bukan tokoh publik dan berita penuh sensasi memiliki sebaran sebanyak itu.

Berita Rafdi mulai banyak tersebar di Media Sosial setelah dimuat oleh media daring kompas.com. Berita-berita Rafdi di kompas telah tersebar di Media Sosial lebih dari 5 ribu kali. Semua tahu, Kompas adalah raksasa media Indonesia.

Total sebaran berita Rafdi di Media Sosial mencapai jumlah Fantastis. Kurang dari sepekan, sebaran berita Rafdi mencapai jumlah 37.054 di Media Sosial.

Dalam catatan Evello, sebaran berita Rafdi lebih tinggi dibandingkan sebaran berita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa.

Bahkan dalam periode pantauan yang sama, sebaran berita Rafdi lebih tinggi dibandingkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Agaknya masyarakat yang diwakili oleh pengguna Media Sosial mulai bergeser dari berbagi berita politik dengan berita-berita yang menginspirasi seperti kisah Rafdi.

Kisah Rafdi Marajabessy, seorang anak pejabat yang bersahaja tentu menyeret nama orang tuanya. Menggunakan analisa Theme Clouds terhadap seluruh berita yang ada, nama sang ayah, Muhammad Sinen turut disebut-sebut. Dalam analisa yang lebih dalam, posisi sang Ayahlah sebagai Wakil Walikota Tidore yang membuat pembaca rela berbagi cerita di jejaring pertemanan Media Sosial miliknya.

*Dudy Rudianto, Peneliti Evello

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here